Powerbank Mini Tenaga Surya

Ini adalah tulisan perdana saya tentang eksperimen-eksperimen elektronika sederhana yang saya lakukan baik di rumah maupun di sekolah. Rencananya, setiap eksperimen yang dilakukan akan diupload di website ini. Meskipun sederhana, saya berharap eksperimen-eksperimen dimaksud dapat bermanfaat bagi yang juga ingin berkreasi, baik itu siswa SMK ataupun siapa saja yang senang melakukan eksperimen menggunakan perangkat elektronik . Lebih dari itu, saya juga berharap ada masukan-masukan dari pembaca sehingga saya bisa terus belajar dan berbagi lewat website ini.

Eksperimen kali ini adalah pembuatan powerbank sederhana yang memanfaatkan tenaga surya untuk pengisian dayanya. Referensi asli dari eksperimen ini adalah tutorial dari website instructable di alamat ini.

Charger in action, liat ukurannya yang benar-benar mini, sehingga praktis dibawa kemana-mana

Komponen

Adapun komponen utama yang dibutuhkan dalam eksperimen ini antara lain:

  1. Sel surya, saya kebetulan menggunakan dua panel surya yang dirangkai paralel dengan daya masing-masing 1 Watt Peak (6V 200mA) . Beli di Tokopedia, harganya kalau tidak salah ingat 24 ribu rupiah.
  2. Charger untuk mengisi daya baterai, yang berfungsi untuk mengisi daya baterai power bank dari tenaga listrik yang dihasilkan oleh sel surya. Saya menggunakan micro USB lithium-ion battery charger (5V 1A ) yang saya beli di Tokopedia juga dengan harga sekitar 13 ribu rupiah. Pada gambar posisinya di kanan bawah panel surya (warna biru).
  3. DC to DC step up boost converter, komponen ini yang nantinya kita hubungkan dengan perangkat yang dicharge. Ia bertugas menerima arus listrik dari baterai, kemudian menaikkan tegangannya sesuai standar USB (5.0 V), baru menyalurkannya ke perangkat. Harganya 15 ribu rupiah. Pada gambar posisinya di kanan atas panel surya (warna hijau)
  4. Baterai yang dapat diisi ulang, saya menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 5800 mAh, dan tegangan sebesar 3.7 V. Harga sekitar 20 ribu rupiah. Baterai eks laptop sangat cocok digunakan untuk keperluan ini.
  5. Diode untuk menjaga arus balik saat sel surya sedang tidak menghasilkan tegangan listrik, sehingga tidak menyedot daya yang tersimpan pada baterai. Pada gambar diode tidak terlihat karena saya solder langsung di belakang panel surya.
  6. Komponen lain, seperti kabel dan casing, menggunakan stok yang sudah tersedia di rumah.

Rangkaian

gambar asli dari https://www.instructables.com/id/Solar-Power-Bank-with-salvaged-18650/

Rangkaian perangkat ini sebagaimana diilustrasikan pada gambar di atas cukup sederhana dan dapat saya jelaskan ulang sebagai berikut.

  1. Sel surya dirangkai paralel, jangan lupa sertakan diode sebagai pengaman arus balik.
  2. Kutub positif dan negatif dari sel surya dihubungkan masing-masing pada titik input charger (komponen ke-2)
  3. Kutub output positif dan negatif pada charger dihubungkan dengan kutub positif dan negatif dari baterai yang akan di-charge.
  4. Kutub positif dan negatif baterai juga dihubungkan dengan DC to DC step up boost converter
Komponen yang sudah dirangkai

Cara pemakaian

Cara pemakaian perangkat ini cukup sederhana. Untuk mengisi daya powerbank, cukup letakkan panel surya pada tempat yang terkena sinar matahari. Sedangkan untuk menggunakan powerbank, gunakan port USB yang ada pada DC to DC step up boost converter. Untuk praktisnya, sebaiknya kabel dari sel surya ke powerbank dibuat mudah dilepas dan dipasang kembali (lihat kembali gambar paling awal).

Nah that’s it, cukup sederhana bukan? Mohon masukannya bila ada.

glh

Guru Teknik Elektro Audio Video SMK Negeri 3 Selong Lombok Timur, NTB

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. Devartha berkata:

    Mantap

  2. alain berkata:

    maaf mau tanya pak, apakah sudah pernah dihitung waktu pengisian sampai penuhnya brp lama? kemudian utk discharging bs utk mengisi hp sampai penuh kah? trimakasih pak atas infonya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.