Menggambar Skema Rangkaian dan PCB Layout Menggunakan Eagle

Halo semua, kali ini tulisan saya adalah sebuah tutorial menggambar skema rangkaian elektronika dan layout PCB menggunakan sebuah software yang biasa dipakai siswa SMK. Software yang saya maksud adalah Eagle (https://www.autodesk.com/products/eagle/overview). Softwarenya ada edisi freenya lho, kalau mau download bisa di link ini.

Rangkaian yang akan dibuat pada tutorial ini adalah sebuah Power Supply Simetris. Power supply simetris adalah power suppy yang mampu menghasilkan output simetris dengan nilai berlawanan (relatif terhadap ground). Misalkan jika ground dianggap 0, power supply simetris dapat memiliki output voltase berlawanan +5 dan -5.

Power Supply simetris yang akan dibuat skematik dan PCBnya ini mempunyai keluaran +15 volt ,-15 volt, ground, +12 volt, -12 volt. Power supply ini dapat digunakan sebagai power supply untuk amplifier yang akan dibuat untuk project berikutnya.

Contoh hasil (rangkaian dan layout PCB)

Skema Rangkaian Power Supply Simetris
Layout PCB

Komponen yang dibutuhkan

Adapun komponen yang dibutuhkan pada rangkaian ini adalah:

  1. C1=C2 …………………..2200uF/35V
  2. C3=C4…………………..1000uF/35V
  3. Trafo CT 3A
  4. D1=D2=D3=D4…….Diode 3A 1N5401
  5. IC1…………………………7812
  6. IC2………………………..7912
  7. Sekring 3A+ Holder
  8. Saklar

Untuk memulai menggambar skematik menggunakan eagle, double klik shortcut eagle di desktop atau melalui menu Start–> Eagle. Akan muncul lembar kerja sebagai berikut :

Untuk menggambar skema rangkaian,buat projet baru dengan cara klik File -> New -> Project

Kemudian ganti nama project dengan nama yang diinginkan,misalnya PSsimetris lalu tekan Enter.

Di samping kanan nama project terdapat bulatan berwarna hijau yang menandakan project dengan nama PSsimetrissedang aktif. Langkah selanjutnya (project PSsimetris dalam keadaan aktif) klik menu File -> New -> Schematic atau klik kanan project aktif -> New -> Schematic, akan muncul lembar kerja seperti berikut :

Lembar kerja siap untuk digunakan. Berikut beberapa shortcut yang dibutuhkan saat meletakkan simbol komponen pada lembar kerja :

Untuk memilih dan menambahkan simbol komponen ke dalam lembar kerja, klik Add,maka akan muncul jendela berikut :

Letakkan simbol komponen pada lembar kerja dengan mengklik lembar kerja pada posisi yang diinginkan untuk meletakkan komponen . Ulangi langkah tersebut untuk komponen – komponen yang lain. Misalkan semua komponen diletakkan sedemikian rupa seperti berikut ini :

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan kaki-kaki komponen tersebut menggunakanicon / (Wire). Klik icon Wire -> klik ujung kaki komponen -> tahan dan geser ke kaki komponen lainnya, klik dua kali. Jangan lupa untuk menghubungkan kabel-kabel yang seharusnya tesambung. Untuk keperluan ini, dapat menggunakan icon Junction, dengan cara klik icon Junction -> klik persambungan kabel yang seharusnya terhubung . Hasilnya adalah seperti berikut :

Sampai tahap ini, skema rangkaian kita sudah jadi. Jangan lupa untuk menyimpannya dengan mengklik icon Save, atau menu File -> Save .

Berikutnya adalah membut layout PCB berdasarkan skema rangkaian yang sudah jadi tadi. Caranya klik icon Board . Akan muncul jendela sebagai berikut, kemudian klik OK

Lembar kerja PCB Layout akan aktif, seperti berikut :

Pindahkan dan susun semua komponen sedemikian rupa ke dalam bidang segiempat yang dibatasi garis putih. Selanjutnya untuk menghubungkan kaki – kaki komponen dapat menggunakan Autoroute,dengan mengklik icon Autoroute, akan muncul jendela sebagai berikut :

Atur sesuai dengan keperluan, kemudian klik OK. Cek masing -masing sambungan jalur,karena meski menggunakan autoroute belum tentu sambungan layout yang dihasilkan benar.

Pada contoh ini,penulis melakukan routing secara manual dengan memanfaatkan beberapa icon berikut

Untuk ketebalan jalur, bentuk patahan jalur, luas lubang yang akan dibor, dapat di tentukan dengan mengaturnya pada toolbar berikut :

Hasilnya adalah sebagai berikut :

Secara default file PCB akan tersimpan dengan nama file yang sama dengan file skematik di folder yang sama.

Demikian tutorial singkat menggambar skema rangkaian dan layout PCB menggunakan software eagle. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

glh

Guru Teknik Elektro Audio Video SMK Negeri 3 Selong Lombok Timur, NTB

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. syaironi, guru TEI SMKN 1 Bangil - pasuruan _ JATIM berkata:

    bagus bu semoga sehat selalu disana
    oh iya boleh minta file sch dan brd untuk materi diatas

    • glh berkata:

      Aamiin terimakasih. Mohon maaf file .sch dan .brd saya terhapus sewaktu instal ulang laptop. Bisa dipraktikkan langsung Pak utk dapat file .sch dan .brd nya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.