Karakteristik Algoritma

Menurut Donald Knuth pada bukunya The Art of Computer Programming pada tahun 1968, lima karakteristik yang ada pada sebuah algoritma adalah:

  1. Finiteness (berhingga), artinya bahwa algoritma bila dijalankan akan berhenti pada suatu titik, tidak berjalan terus menerus tanpa henti.
  2. Definiteness (jelas), setiap tahap pada algoritma harus didefinisikan dengan baik, setiap aksi yang dilakukan harus dijelaskan sehingga tidak memungkinkan adanya makna ganda (ambigu).
  3. Input (masukan). algoritma dapat menerima satu atau lebih nilai sebagai masukan. Jika ada, maka setiap nilai masukan tersebut harus didefinisikan dengan jelas.
  4. Output (keluaran), algoritma harus secara jelas mendeskripsikan keluaran/hasil dari dijalankannya algoritma tersebut.
  5. Effectiveness (mencapai tujuan), seluruh langkah pada algoritma bila dieksekusi dapat selesai dan mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya yang ada.

Sumber lain menambahkan bahwa algoritma juga memiliki karakter independen (tidak terikat) terhadap bahasa pemrograman tertentu. Artinya, setiap algoritma harus dapat diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman apapun.

Diambil dari buku “Pengantar Bahasa Pemrograman C untuk Mikrokontroler“, oleh Galuh Ratna Ningrum, Pustaka Media Guru, 2021

glh

Guru Teknik Elektro Audio Video SMK Negeri 3 Selong Lombok Timur, NTB

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.