Software Untuk Menggambar Rangkaian Elektronika

Pada tulisan kali ini saya akan memberikan beberapa alternatif perangkat lunak (software) untuk membantu menggambar rangkaian elektronika. Tulisan ini akan dilengkapi secara bertahap, agar dapat lebih detail membahas tiap-tiap software.

Fritzing (http://fritzing.org/home/)

Fritzing adalah software open source yang dapat memudahkan menggambar rangkaian kemudian merancang layout untuk PCB secara otomatis berdasarkan rangkaian tersebut. Penggunaan fritzing sangat mudah karena didukung tiga tampilan: skema rangkaian, tampilan visual pada breadboard, dan rancangan PCB, yang sinkron satu sama lain (perubahan pada satu tampilan secara otomatis mengubah tampilan yang lain) . Penggunaan fritzing cukup mudah dengan fitur drag & drop. Fritzing juga dilengkapi dengan part library yang selain selalu diupdate setiap rilis, juga dapat diperkaya secara manual oleh user. Fitur baru yang juga sangat keren tapi saya belum coba adalah lewat fritzing kita bisa melakukan coding dan menguploadnya langsung ke arduino.

Eagle (https://www.autodesk.com/products/eagle/free-download)

Screenshot of an EAGLE project in PCB view
By Source (WP:NFCC#4), Fair use, Link

Eagle cukup luas digunakan di kalangan SMK. Sebenarnya Eagle yang merupakan produk dari Autodesk ini adalah software berlisensi. Namun ia menyediakan versi gratis (FREE) dengan fitur minimal namun cukup untuk kalangan siswa SMK dan pehobi elektronik. Versi gratis ini sudah dilengkapi dengan single side/double side PCB layout, dan library content access.

Credits:

  1. Ilustrasi dari https://en.wikipedia.org/wiki/Fritzing

… bersambung

glh

Guru Teknik Elektro Audio Video SMK Negeri 3 Selong Lombok Timur, NTB

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.