Penggunaan Break dan Continue pada Perulangan (Loop)

Pada perulangan (loop) baik itu perulangan while…, do…while…maupun for pernyataan-pernyataan dijalankan secara urut. Namun, pada beberapa kasus dibutuhkan memotong atau berhenti sejenak dalam perulangan yang sedang berlangsung. Untuk keperluan ini, bahasa C menyediakan struktur break dan continue.

a. Pernyataan Break

Break akan menghentikan perulangan saat perulangan itu terjadi kemudian melanjutkan jalannya program ke pernyataan-pernyataan yang terletak di luar blok program perulangan(loop). Untuk keperluan ini pernyataan if digunakan bersama-sama dengan break, guna memberikan syarat kapan break akan dilakukan.

Contoh penggunaan pernyataan break dalam program adalah sebagai berikut.

Pada contoh di atas perulangan for sedianya akan menampilkan angka 1 sampai 20. Ditengah perulangan diberikan syarat(kondisi) jika angka tersebut lebih besar atau sama dengan 15 , dilakukan break. Maka, pada output angka yang ditampilkan adalah angka 1 sampai 15 saja.

b. Pernyataan Continue

Continue akan menghentikan perulangan saat perulangan itu terjadi hanya pada kondisi yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Kemudian akan melanjutkan ke perulangan berikutnya. Untuk itu, pernyataan if juga dibutuhkan.

Contoh penggunaan pernyataan continue dalam program adalah sebagai berikut.

Pada contoh di atas, sedianya perulangan for akan menampilkan angka mulai dari 1 sampai 10. Namun, di tengah-tengah perulangan ada persyaratan jika a==5 continue. Sehingga, outputnya menjadi 1 2 3 4 6 7 8 9 10. Angka 5 tidak disertakan.

Demikianlah penggunaan pernyataan break dan continue pada perulangan.

Semoga bermanfaat.

glh

Guru Teknik Elektro Audio Video SMK Negeri 3 Selong Lombok Timur, NTB

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.