Tipe Data Primitif dalam Bahasa C

Tipe data adalah kelompok data berdasarkan jenis tertentu yang digunakan oleh programmer untuk mengisi variable . Tipe data menentukan jenis data apa yang boleh disimpan di dalam sebuah variabel. Masing-masing tipe data memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda, sehingga pemilihan tipe data yang tepat akan berpengaruh terhadap ke-efisien-an sebuah program.

Bahasa C menyediakan tipe data primitif sebagai berikut :

Tipe data Integer

Tipe data integer merupakan kumpulan bilangan bulat. Integer adalah semua bilangan bulat termasuk nol (0), bilangan positif maupun negatif yang tidak memiliki angka desimal (angka di belakang koma). Berikut ini adalah yang termasuk dalam tipe data integer beserta ukurannya dalam satuan byte pada mesin 16 bit.

Tipe data Floating Point

Tipe data ini merupakan kumpulan bilangan real (pecahan desimal). Berikut ini adalah yang termasuk dalam tipe data floating point beserta ukurannya dalam satuan byte pada mesin 16 bit.

Tipe data Char

Sebuah variabel bertipedata char hanya dapat menampung satu karakter saja, tidak akan dapat menyimpan lebih dari satu karakter. Berikut ini adalah yang termasuk dalam tipe data char beserta ukurannya dalam satuan byte pada mesin 16 bit.

Berikut ini adalah kode program menggunakan fungsi sizeof( ) untuk melihat alokasi memori yang disediakan untuk beberapa tipe data

Demikian, semoga bermanfaat.

Referensi :

glh

Guru Teknik Elektro Audio Video SMK Negeri 3 Selong Lombok Timur, NTB

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.