SimulIDE Simulator Rangkaian Elektronika dan Mikrokontroler

SimulIDE adalah salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mensimulasikan suatu rangkaian elektronika secara realtime. SimulIDE merupakan produk opensource sehingga pengguna bebas menggunakannya, dan jika ingin berpartisipasi dalam pengembangannya pengguna dapat berkontribusi yang caranya dapat dibaca di laman website SimulIDE di sini. Di tempat tersebut pula pengguna dapat mengunduh software SimulIDE.

Mungkin timbul pertanyaan, mengapa SimulIDE ? Mengapa bukan Proteus atau Multisims saja ? Saya merekomendasikan simulIDE karena opensource, jadi tidak perlu takut akan melanggar HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual),ringan-ukuran filenya cuma belasan MB (kurang lebih 19.1 MB – pada versi 0.3.12 terbaru saat ini), tidak perlu diinstal,bagi pemula untuk eksperimen sederhana rangkaian elektronika dan mikrokontroler sangat cukup, mendukung mikrokontroler PIC, AVR dan Arduino, tidak perlu tersambung dengan internet, sehingga pengguna yang sedang offline pun bisa menggunakannya dengan leluasa

Berikut ini penampakan lembar kerja pada SimulIDE :

Misalkan membuat rangkaian elektronika menyalakan sebuah led, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Di panel sebelah kiri, klik Sources, Passive dan Output sehingga dpat dilihat pilihan komponen yang ada, seperti berikut ini :
  • Untuk menempatkan komponen pada lembar kerja dilakukan dengan men-drag and drop komponen ke lembar kerja.
  • Jika butuh mengganti nilai komponen, klik komponen lalu klik tab Properties yang ada di window sebelah kiri, lalu isikan nilai komponen sesuai dengan kebutuhan
  • Menyambungkan komponen dengan mengklik ujung kaki komponen yang satu lalu klik kaki komponen yang ingin disambungkan
  • Setelah tersambung, gambarnya dapat seperti berikut :

Pada gambar di atas terdapat sebuah rangkaian yang terdiri dari sebuah sumber tegangan 5 Volt, sebuah resistor 150 Ohm, Led dengan spesifikasi 2,4 V 20 mA dan ground.

Untuk menjalankan simulasi klik tombol Power Circuit (tombol berwarna merah). Tombol ini juga berfungsi untuk menghentikan simulasi.

Untuk lebih jelasnya, dapat melihat video berikut ini

Semoga bermanfaat.

glh

Guru Teknik Elektro Audio Video SMK Negeri 3 Selong Lombok Timur, NTB

Mungkin Anda juga menyukai

4 Respon

  1. Hadi Suyono berkata:

    Karya tulis yang bagus, semoga menjadi ilmu yang bermanfaat, jadi ingat jaman tahun 2000 an, dulu masih pakai elektronik workbench,

  2. hardhono berkata:

    Luar biasa, semoga Tuhan memberi balasan yang berlipat dan tercatat sebagai amalan yang mengalir atas semua jerih payah ibu mendidik siswa dan berbagi ilmu kepada (terutama) rekan rekan guru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.