Perintah Input Output

Input Output Standar

Input adalah data yang dimasukkan ke dalam program. Sedangkan output adalah menampilkan data yang telah diproses pada layar monitor, menyimpan data di file, mencetak data atau mengontrol peralatan tertentu. Data dapat berupa tulisan, audio, video, juga aksi. Data dapat dimasukkan (diinputkan) melalui alat-alat input pada sistem.

Umumnya untuk keperluan input output bahasa pemrograman C menggunakan fungsi scanf( ) untuk membaca input dari user dan fungsi printf( ) untuk menampilkan ke layar monitor (output). Supaya dapat menggunakan kedua fungsi ini, maka harus menyertakan yang menyediakan kedua fungsi tersebut yaitu library standard input output (stdio) dengan perintah #include <stdio.h>

Berikut ini contoh penggunaan scanf( ) dan printf( )

Input Output String

Input dan output berupa string (kumpulan karakter) menggunakan format specifier %s. Contohnya adalah sebagai berikut :

Pada contoh di atas tipe data yang digunakan adalah tipe data char yang disimpan dalam sebuah array (akan dibahas nanti) dengan panjang tertentu, karena string adalah kumpulan karakter.

Program di atas tidak efektif dan efisien untuk menampilkan sebuah kalimat. Untuk menampilkan sebuah kalimat dibutuhkan array sebanyak kata penyusun kalimat. Disamping itu fungsi scanf( ) tidak membaca spasi sebagai karakter, sehingga tampilannya menjadi satu kata bukan satu kalimat.

Untuk input dan output berupa kalimat, dapat menggunakan fungsi fgets( ) dan put( ). Fungsi fgets( ) untuk membaca kalimat yang diinputkan oleh pengguna, dan puts( ) untuk menampilkannya ke layar monitor. Berikut contoh programnya :

Demikian, semoga bermanfaat.

Referensi :

glh

Guru Teknik Elektro Audio Video SMK Negeri 3 Selong Lombok Timur, NTB

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.